Friday, December 30, 2011

TIP BERBURU BISNIS MENGHADAPI TAHUN BARU

 Ini adalah fenomena umum bagi setiap orang untuk membuat resolusi Tahun Baru pada menit terakhir pada Malam Tahun Baru, dan biasanya, mereka pribadi dan sulit untuk menjaga. Pikirkan tentang berapa kali Anda telah melakukan hal yang sama di masa lalu. Hanya berapa banyak dari mereka resolusi itu Anda benar-benar menempel?
Berikut ini sepuluh resolusi Tahun Baru untuk tahun 2012 yang sederhana, semua dicoba dan diuji teknik untuk meningkatkan bisnis Anda dan, terbaik dari semua, mereka dicapai. Sisihkan sedikit waktu setiap minggu untuk tahun berikutnya, dan lihat apakah Anda dapat MEMPEROLEH KEUNTUNGAN jauh di beberapa dari mereka.


1. Mulai menetapkan tujuan.
Merangkul bahkan sepuluh resolusi untuk tahun mendatang menggambarkan kekuatan penetapan tujuan. Banyak dari kita berjalan melalui hidup tanpa benar-benar mempertimbangkan mana yang kita inginkan. Sebuah analogi yang baik adalah merencanakan perjalanan dari Point A ke Point B. Sebagai pentingnya dengan itu adalah bahwa Anda memilah transportasi, persediaan, waktu, dan elemen lainnya, alat yang paling penting bagi perjalanan adalah untuk mengetahui bagaimana menuju ke sana. Kecuali Anda punya rencana, Anda tidak akan pernah tiba di tujuan Anda.
Pikirkan penetapan tujuan sebagai proses menggambar peta kehidupan masa depan Anda. Melukis gambar di mana Anda ingin melihat diri Anda pada awal tahun 2012, dan kemudian menulis sebuah daftar tindakan yang Anda harus berusaha untuk mencapai tujuan ini. Mulailah dengan lebih banyak gol diperoleh, untuk membangun motivasi dan kepercayaan diri Anda, dan Anda segera akan menemukan diri Anda baik pada cara Anda ke tujuan Anda.
2. Mintalah klien untuk referensi/ promosi lewat pelanggan.
Tampaknya sederhana, namun banyak pemilik usaha tidak pernah mempertimbangkan meminta klien yang sudah ada mereka untuk kontak dengan orang lain yang mungkin membutuhkan layanan Anda. Hal ini dapat tampaknya menjadi rintangan untuk bertanya beberapa kali, tetapi tidak perlu. Permintaan Anda bahkan bisa sesuatu yang sederhana seperti email yang dikirim pada akhir proyek untuk meminta klien untuk umpan balik pada proyek, diikuti dengan sederhana "Jika Anda tahu siapa saja yang mungkin menghargai layanan kami, silahkan merekomendasikan kami."
Sungguh menakjubkan betapa sederhananya adalah untuk meminta arahan. Dan kami mempercayai rekomendasi biasanya jauh lebih banyak daripada iklan apapun - berpikir tentang semua teman  atau kolega Anda telah memberikan rekomendasi untuk pemasok, tradesperson, dan sebagainya. Bagian yang terbaik adalah dari mulut ke mulut bahwa tidak perlu biaya lebih dari sebuah kartu ucapan terima kasih atau souvenir kecil.
3. Fokus pada keuntungan, bukan omset.
Selama bertahun-tahun, saya pernah bertemu pemilik bisnis yang senang tentang omset mereka meningkat, tetapi mengabaikan untuk melihat keuntungan mereka. 
Tentu, omset bagus dan penting, tapi bagaimana perasaan Anda jika Anda bisa membuat keuntungan dua kali lebih banyak untuk sepersepuluh dari upaya (dan risiko). Bukankah itu terdengar menggoda? Lihatlah taktik seperti mengurangi biaya pengeluaran, meningkatkan tingkat Anda, membiarkan klien kurang menguntungkan pergi, dan fokus pada aktivitas tuk peroleh keuntungan. Jangan pernah meremehkan kembali bahkan peningkatan kecil untuk tarif per jam Anda tuk keuntungan anda.
4. Pelajari sesuatu yang baru tentang bisnis.
Tanyakan pengusaha apapun tentang pengetahuan mereka, dan Anda biasanya akan menemukan orang-orang paling sukses adalah mereka yang bersedia untuk mengakui kelemahan mereka sendiri. Itu fakta - kita tidak bisa dilahirkan ahli dalam segala sesuatu untuk melakukan dengan bisnis, tetapi dengan dedikasi tertentu, kita bisa mendapatkan sedikit lebih cerdas. Tanyakan kepada diri sendiri di mana Anda merasa bisnis Anda kelemahan pengetahuan, kemudian menemukan kursus atau buku-buku yang dapat membantu Anda untuk mempelajari lebih lanjut. Ada banyak kursus singkat yang hanya membutuhkan satu atau dua jam seminggu, serta kursus online, blog dan situs web yang dapat membantu Anda meningkatkan pengetahuan bisnis Anda. Menemukan perpustakaan setempat Anda dan bergabung - perpustakaan yang paling memiliki ratusan buku tentang topik bisnis.
Mulai berlangganan ke blog dan situs web yang berbicara tentang seputar bisnis yang menambah wawasan yang mengajarkan Anda sesuatu yang baru. Kemudian menghabiskan waktu untuk copas artikel dan bookmark untuk posting yang menarik setiap minggu. Bahkan membatasi waktu membaca Anda hanya setengah jam per minggu berarti Anda dapat membaca setidaknya setengah lusin pemikiran posting di waktu yang dibutuhkan untuk makan siang Anda.
5. Luangkan waktu untuk diri sendiri.
Tanyakan setiap pemimpin bisnis nya nomor satu keluhan, dan jawaban yang paling umum akan bahwa tidak ada cukup waktu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau pada hobi. Bagian yang paling mengganggu adalah bahwa hal itu sering tidak tuntutan bisnis yang menyerap seluruh waktu kita. Kami telah menjadi terbiasa dengan jam kerja yang panjang, padahal sebenarnya, yang lebih pintar tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu berbisnis Anda dapat memungkinkan Anda untuk menikmati waktu yang lebih dengan keluarga.
Cobalah merencanakan kegiatan yang membutuhkan perhatian Anda keluar dari kantor dan jauh dari komunikasi - berjalan-jalan dengan anak-anak Anda, pergi berkemah untuk akhir pekan, atau kepala ke museum dan mematikan telepon Anda. Jika pikiran memiliki email bebas malam menakutkan Anda, bisnis Anda mengendalikan Anda, dan Anda tidak mengendalikan bisnis Anda.
6. Menciptakan produk yang menghasilkan pendapatan.
  Ambil stok alat dan teknik Anda sendiri, dan mencari metode untuk menciptakan aset yang Anda dapat uang, atau lebih baik lagi, akan menghasilkan pendapatan berulang. Memiliki sistem manajemen konten? Jelajahi model lisensi, bukan hanya menjual itu saja.
7. Mendelegasikan secara efektif.
Kita semua ingin bekerja lebih sedikit dan menghasilkan lebih banyak. Berikut ini salah satu rahasia terbesar dari manajemen waktu: pendelegasian yang sukses. Mulailah dengan menuliskan setiap aktivitas yang Anda lakukan selama satu minggu, kemudian meninjau hasil.
Ada kemungkinan sejumlah kegiatan yang tidak membantu Anda mencapai tujuan Anda, atau dapat dilakukan oleh anggota tim lainnya. Fokus pada bekerja untuk mendapatkan orang-orang rendah hasil kegiatan, baik didelegasikan atau dibuang. Jika Anda seorang pekerja sendirian, mungkin mempertimbangkan outsourcing tugas ini dengan seseorang yang Anda kenal yang bisa melakukan pekerjaan anda yaitu membantu pekerjaan anda. Mempekerjakan seorang profesional dan dapat menghemat waktu Anda yang berharga.
8. Berfokus pada pelayanan klien.
  Anda sebaiknya ingat bagaimana rasanya menjadi klien, dan mengingat kenangan Anda layanan terbaik Anda pernah menerima.
Sekarang, tentukan sendiri tantangan untuk mengalahkan bahwa pengalaman pelayanan, dan mengalahkan berulang lagi. Lihatlah setiap metode dengan mana Anda memiliki kontak dengan klien - telepon, email, rapat, bahkan faktur. Apakah ada sesuatu yang dapat mengubah untuk memastikan hubungan yang Anda  bangun sekarang akan tahan lama?
9. Luangkan waktu untuk mengembara Web.
Sisihkan beberapa waktu yang teratur untuk mengembara tanpa tujuan Web.  Mengembara Web, ikuti naluri Anda dari link ke link, dan menemukan 99,9% dari Web yang Anda tidak pernah mengunjungi ketika Anda terjebak bekerja di ekosistem digital Anda sendiri.
10. Membangun rock-solid prosedur.
Prosedur yang benar akan membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien. Sebuah sistem yang baik akan memungkinkan untuk beban kerja meningkat dan mengurangi jumlah usaha yang Anda butuhkan untuk dibelanjakan pada aktivitas berulang. .
  kesuksesan ini didorong oleh fakta bahwa ia diciptakan prosedur untuk setiap elemen tunggal bisnisnya. . Setelah prosedur mengurangi kemungkinan kesalahan, dan meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir di luar rutinitas. Pikirkan perbedaan antara bisnis dengan prosedur dan atau tanpa, kemudian mempertimbangkan apa yang akan terjadi untuk setiap bisnis jika Anda ditabrak bus, atau mengambil cuti  panjang. Apakah bisa  bertahan?
Membuat Resolusi Anda Sekarang
Sekarang, jangan hanya membaca daftar di atas dan mulai membuat alasan, berpikir betapa senangnya akan memiliki waktu atau keinginan untuk melakukan hal ini. Anda dapat meningkatkan bisnis Anda hanya dengan bookmark artikel ini   dan setidaknya bekerja pada beberapa poin di atas selama beberapa bulan mendatang. Segera Anda (dan bisnis Anda) akan melihat manfaat. Good luck dan tidak pernah berhenti membangun di atas keberhasilan Anda!

Tuesday, December 6, 2011

TIP BERBURU CARA BERBISNIS NABI MUHAMMAD SAW

bismillahirrahmanirrahim
Rasulullah SAW adalah seorang pebisnis dan pedagang yang handal. Visi beliau dalam berdagang hanya satu, yaitu:
“Bahwa transaksi bisnis sama sekali tidak ditujukan untuk memupuk kekayaan pribadi, namun justru untuk membangun kehormatan dan kemuliaan bisnis dengan etika yg tinggi. Adapun hasil yang didapat harus didistribusikan ke sebanyak mungkin umat.”
Prinsip yang beliau pegang cukup 3 hal saja, yaitu:
  1. Jujur
  2. Saling menguntungkan kedua pihak
  3. Hanya menjual produk yang bermutu tinggi
Tiga prinsip di atas menjiwai cara bisnis beliau. Berikut adalah teladan beliau sebagai seorang pedagang/penjual:
  1. Tidak boleh berbohong dan menipu pembeli mengenai barang yang dijual
  2. Carilah keuntungan yang wajar. Jika pembeli bertanya, sebutkan harga modalnya
  3. Kepada para pelanggan yang tidak mampu membayar kontan (tunai), berikanlah waktu untuk melunasinya. Bila dia betul-betul tidak mampu membayar setelah masa tenggat pengunduran itu, padahal dia telah berusaha, maka ikhlaskanlah
  4. Hindari sumpah yang berlebihan, apalagi sumpah palsu untuk mengelabui konsumen
  5. Lakukan transaksi jika telah ada kata sepakat antara penjual dan pembeli
  6. Lakukan penimbangan dan penakaran dengan benar dan setepat mungkin
  7. Camkan pada pembeli bahwa yang membayar di muka bahwa ia tidak boleh menjualnya sebelum barang tersebut benar-benar menjadi miliknya (terbayar lunas terlebih dahulu)
  8. Jangan melakukan transaksi monopoli dalam perdagangan, berikan kesempatan yang lain untuk berdagang juga.
Semoga kita semua bisa meneladani beliau. Amin
alhamdulillahirabbilalaminReferensi:
  1. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila dilakukan penjualan, katakanlah: tidak ada penipuan.”
  2. Rasulullah SAW bersabda, “Kedua belah pihak dalam transaksi perdagangan berhak membatalkan, selama mereka tidak berpisah. Jika mereka berkata benar, menjelaskan sesuatunya dengan jernih, maka transaksi mereka akan mendapatkan berkah. Tapi jika menyembunyikan sesuatu serta berdusta, maka berkah yang ada dalam transaksi mereka akan terhapus.” (Bukhari dan Muslim)
  3. Jabir meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berkata, “Rahmat Allah atas orang-orang yang berbaik hati ketika ia menjual dan membeli, dan ketika dia membuat keputusan.” (HR Bukhari)
  4. Nasehat Rasulullah SAW, “Hindarilah banyak bersumpah ketika melakukan transaksi dagang, sebab itu dapat menghasilkan penjualan yang cepat, lalu menghapuskan berkah.”
  5. Abu Sa’id meriwayatkan bahwa Rasulullah berkata, “Saudagar yang jujur dan dapat dipercaya akan dimasukkan dalam golongan para nabi, orang-orang jujur dan para syuhada.”
  6. Ibnu ‘Umar meriwayatkan dari Rasulullah SAW, “Kedua kelompok di dalam transaksi perdagangan memiliki hak untuk membatalkannya hanya sejauh mereka belum berpisah, keculai transasksi itu menyulitkan kelompok itu untuk membatalkannya.” (HR Bukhari dan Muslim)
  7. http://marsa84.multiply.com/journal/item/24/MENELADANI_RASULULLAH_DALAM_BERDAGANG
  8. http://www.facebook.com/notes/jaringan-bisnis-ukhuwah-islamiyah/berdagang-dengan-sunnah-rasulullah-saw/288601072336

Sunday, December 4, 2011

TIP BERBURU 41 ETOS KERJA ORANG CINA

 
  1. Orang cina memang cenderung memilih berdagang karena tidak dibatasi ruang,waktu dan tempat.
  2. Berkerja dengan lebih keras dan rajin.
  3. Persepsi orang cina dalam perdagangan selalu positif.
  4. Dunia dagang adalah dunia yang menjanjikan kesenangan,kemewahan,dan kebahagiaan.
  5. Pedagang yang jatuh akan merasa sakit tetapi rasa sakit itulah yang akan membuatnya bangkit.
  6. Berdagang dapat dijadikan hobi,tapi bukan untuk mengisi waktu luang.
  7. Keuntungan yang diperoleh dibelanjankan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi.
  8. Uang digunakan untuk menghasilkan uang.
  9. Pedagang Cina membolehkan terjadinya tawar-menawar tetapi proses ini memakan waktu dan mengurangi keuntungan,namun hal ini dapat menggembirakan hati pelanggan.
  10. Pantang mengeluh di hadapan pelanggan,apalagi menunjukkan emosi negatif.
  11. Bersikap terbuka dan berlapang dada apabila menghadapi situasi sulit dan tetap fokus mencari jalan keluar.
  12. Sekadar pintar berdagang tidak memberikan hasil yang maksimal,harus didukung sikap agresif,proaktif,berani,tahan bantik,semangat tinggi,dan rela berjuangan untuk merebut segala peluang yang ada.
  13. Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangatnya. Sebaliknya akan membuatnya semakin gigih. Kegagalan kedua dijadikannya pelajaran. Kegagalan ketiga menjadikannya lebih bijak. Kegagalan berikutnya menguji kesabaran dan ketabahannya.
  14. Menetapkan tujuan atau target untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.
  15. Budaya orang Cina adalah mengutamakan kecepatan dalam bertindak.
  16. Orang Cina mengijinkan pelanggan membuat pilihan sendiri seperti memberi pelayanan baik,diskon maupun kredit.
  17. Orang Cina mengijinkan pelanggan membuat pilihan sendiri seperti memberi pelayanan baik,diskon maupun kredit.Dunia perdagangan penuh dengan persaingan keras dengan berbagai macam cara. Oleh karena itu pedagang harus mempersiapkan dirinya dengan seni ‘bela diri’ perdagangan untuk menghadapi serangan dalam bentuk apapun dan kemungkinan yang akan datang.
  18. Seni berdagang orang cina memerlukan kecermatan dan ketelitian, tidak cukup jika kita mempelajari teori saja. Berdagang perlu praktik dan menuntut seseorang senantiasa fleksibel.
  19. Seni berdagang orang Cina mengutamakan prinsip “win-win”.
  20. Pedagang harus memiliki daya tahan,mental,dan jiwa yang kuat.Tanpa mengalami kerugian,keuntungan tidak akan datang.
  21. Pedagang Cina memiliki kode etik,menjatuhkan pedagang lain merupakan perbuatan terkutuk.
  22. Bagi masyarakat Cina, pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekkan kegiatan perdagangan orang lain. Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan. Pedagang yang tidak mematuhi etika ini akan terkena sangsi. Perbuatan menjatuhkan perdagangan orang lain dianggap sebagai tindakan yang menyalahi aturan. Sekali namanya sudah rusak, selamanya orang tidak akan mempercayainya lagi.
  23. Meskipun kasih sayang dan sikap patuh tidak dapat dinilai dengan uang, kekayaan akan dapat memberikan kebahagiaan dan meningkatkan status sosial keluarga dalam masyarakat.
  24. Beberapa faktor yang memotivasi keberhasilan orang Cina adalah kemiskinan, perasaan kurang aman, kemampuan bertahan hidup di tempat orang, tidak ada pilihan, dan ajaran falsafah yang didapat sejak kecil.
    Uang tidak pernah jadi penghalang,asal ada kemauan pasti ada jalan.Jika belum ketemu jalan,maka buatlah jalan.
  25. Petuah untuk berhasil dalam bidang perdagangan adalah dengan menjadi pedagang yang jujur,terpercaya dan memudahkan urusan.Untuk menjadi pedagang yang berhasil, harus mampu meyakinkan pelanggan.
  26. Pedagang Cina tidak takut dan tidak pelit untuk mengeluarkan sedikit biaya tambahan asal mereka dapat ‘menangkap’ dan memikat hati pelanggannya.
  27. Kesabaran itu memang pahit, tapi buahnya sangat manis.
  28. Jika ketekunan digabungkan dengan tekad yang kuat dan diperkuat dengan KESABARAN niscaya akan menjadi asset yang cukup berharga bagi siapa saja yang ingin melibatkan dirinya dalam perdagangan.
  29. Kebanyakan usahawan Cina yang sukses bekerja sekurang-kurangnya 18 jam sehari.
  30. Beberapa ciri yang menunjukkan seseorang itu memiliki bakat berdagang : mukanya bulat, enak dipandang, badan berisi, dahi cerah dan luas, serta begitu bergairah terhadap uang.
  31. Emas yang tersembunyi hanya dapat ditemukan oleh seseorang yang gigih mencari dan menggalinya.
  32. Orang Cina tidak mencari-cari alasan. Mereka berusaha menghilangkan alasan apa pun dan menjauhkan diri dari pendapat-pendapat negatif (yang tidak membantu mereka).
  33. Pandai atau tidaknya seorang pedagang hanya dapat diketahui setelah dia berhasil mengatasi segala rintangan yang menghadang di dalam perdagangan yang beresiko tinggi.
  34. Sekali melangkah, mereka akan terus melangkah. Tidak ada kata mundur.
  35. Orang Cina percaya, nasib buruk dapat diubah. Sial dan malang dapat dibuang dan digantikan dengan nasib baik.
  36. Masalah adalah batu loncatan, dan bukan penghalang sebuah keberhasilan.
  37. Keberhasilan orang Cina bukan disebabkan keahlian mereka dalam bidang perdagangan melainkan hasil kerja keras, kesungguhan, keberanian, keyakinan, perencanaan, keringat, air mata, dan pengorbanan yang turut melibatkan seluruh anggota keluarga.
  38. Orang Cina rela menebalkan muka, menahan caci maki orang lain, dan hidup sederhana. Setiap sen yang diperolehnya digunakan dengan sangat hati-hati.
  39. Jika ingin mencari rekan bisnis, carilah orang yang dapat dipercaya. Teman dekat belum tentu menjamin bahwa dia akan setia dan tidak akan mengkhianati temannya.
  40. Agar keuntungan terus bertambah, sebagian keuntungan disumbangkan kepada yang membutuhkan, sebagian digunakan untuk investasi kembali.
  41. Wawasan bisnis orang Cina : Kesulitan, kepedihan, keletihan, tidak pernah melemahkan pedagang yang berwawasan. Dalam perdagangan, ada waktunya muncul dan tenggelam. Jika tenggelam, harus muncul kembali, jika jatuh harus cepat bangun lagi dengan kekuatan yang baru.

TIP BERBURU PEKERJAAN YANG DIINGINKAN

INGIN sukses mendapatkan pekerjaan impian? Kuncinya, lakukan perjuangan secara berkesinambungan sejak proses melamar kerja. Selebihnya, simak panduannya untuk Anda. Siapa yang tak ingin mendapatkan pekerjaan impian di sebuah perusahaan besar, lingkungan kerja nyaman, dan imbalan yang setimpal? Tentu, semua orang menginginkannya. Mungkin tak semua poin tersebut dapat terpenuhi, sebab setiap perusahaan memiliki nilai plus-minus masing-masing. Meski demikian, tak berarti Anda berhenti berjuang untuk mendapatkannya bukan? Simak trik-trik menggapai pekerjaan impian, seperti diulas berikut :
1. Curriculum Vitae (CV)

Dokumen ini adalah “tiket” masuk Anda menuju pekerjaan impian. Ketika membuat CV, tulislah Anda dengan penuh persiapan matang. Sisihkan sehari penuh untuk membuat sebuah CV yang berkualitas dan “menjual”. Jangan lupa untuk membacanya berulang kali sampai Anda merasa puas. Ada baiknya, Anda juga meminta orang lain untuk turut memeriksanya.

Biasanya, CV yang baik berjumlah dua halaman atau kurang, berwarna hitam putih, dan menggunakan font yang profesional. Jangan lupa menyertakan data tentang hobi, status pernikahan, referensi, tempat lahir Anda, serta alamat dan kontak pribadi Anda.

2. Sampul Surat

Buang jauh format cover lamaran. Sebaliknya, ubahlah cover tersebut ke dalam tubuh surat sehingga dapat terbaca pihak HRD yang akan melakukan verifikasi lamaran Anda.

3. “Jual” Diri Semenarik Mungkin

Layaknya mesin Google yang menginfokan berbagai hal, CV pun berisi segala informasi yang menjual diri Anda. Jangan lupa, sisipkan pula foto paling menarik. Jadi, tak ada alasan untuk membuat CV sederhana dan minim informasi yang tidak “menjual” kelebihan diri Anda.

4. Bersikap Jujur

Sangat mudah untuk terjebak dalam sikap yang berlebihan dan membuat Anda tegang selama wawancara kerja. Pada saat yang sama, Anda pun harus selektif menyaring jawaban yang diberikan. Jangan menyangkal kalau Anda pernah dilanda kegagalan dalam dunia kerja. Kuncinya, tetaplah berkonsentrasi pada keberhasilan.

5. Fokus

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar lamaran yang Anda tawarkan menarik di mata perusahaan yang dituju. Setiap surat yang Anda kirim untuk pekerjaan adalah unik. Jadi, mulailah mencari tahu tentang perusahaan dan lowongan yang ditawarkan, kemudian sesuaikan e-mail dengan lamaran kerja yang Anda buat.

6. Panggilan dari HRD

Anda telah melakukan semua langkah-langkah tersebut dengan benar dan kemudian mendapat panggilan dari pihak HRD, sebaiknya hadapilah dengan sangat hati-hati. Pasalnya, ada juga penyaringan yang dilakukan lewat telepon. Jika Anda sedang berada di jalan dan bising saat menerima telepon, maka mintalah nomor telepon serta contact person yang dapat dihubungi sehingga Anda dapat menelpon balik beberapa waktu kemudian.

7. Kapan Harus Bernegosiasi

Untuk panggilan pertama biasanya memang tidak membicarakan negosiasi gaji. Nah, ketika Anda sudah masuk di pertemuan kedua atau ketiga dengan pihak HRD, hal tersebut biasanya dibicarakan.

Jadi, mulailah melakukan penawaran yang realistis. Jangan bersikap sombong dan mengatakan bahwa Anda sebenarnya menerima banyak penawaran dari perusahaan lain. Sebaliknya, ubahlah obrolan dengan bahasan profil dan peran yang akan Anda jalankan, kemudian kaitkan mengapa Anda mengacu pada nilai tertentu.

8. Serius

Saat bertemu dengan pihak HRD, jangan bersikap tidak serius layaknya komedian. Ingat, Anda sedang berhadapan dengan pihak profesional. Tunjukkan performa terbaik Anda dan perlihatkan bahwa Anda serius dengan penawaran tersebut. Jangan sampai Anda terlihat bodoh di depan mereka, karena itu akan membuat mereka tidak yakin dengan profil Anda.

TIP BERBURU PENGENALAN KEPRIBADIAN DALAM BERKARIER DIRI

SEPERTI apakah kepribadian Anda? Apakah kepribadian Anda cocok dan nyaman dengan pekerjaan yang kini tengah Anda jalani? Kalau belum, dalami kepribadian Anda agar bisa mendapatkan karier yang tepat.
Selain keterampilan yang dimiliki, kepribadian ternyata juga bisa dijadikan ukuran untuk memilih karier yang tepat.
Menurut teori psikologi yang ada dan sudah diterima di kalangan luas, ada tujuh tipe kepribadian manusia yang bisa dijadikan ukuran untuk menentukan bagaimana sebaiknya orang tersebut mencari pekerjaan yang tepat untuknya. Berikut tujuh tipe kepribadian tersebut beserta saran para ahli untuk pekerjaan yang tepat untuknya.


1. Pekerja (realistis)
Tipe seperti ini adalah tipe orang yang puas jika berhasil menyelesaikan pekerjaannya. Mereka suka kegiatan fisik dan bekerja dengan tangannya.

Karena tipe pekerja adalah orang yang termotivasi jika mendapatkan pujian, psikolog sosial Rachelle J Center, penulis “Make the Right Career Move”, menyarankan agar orang dengan tipe ini menetapkan target per hari atau per minggu. Misalnya dengan membuat target menyelesaikan tiga pekerjaan per hari. Jangan lupa juga untuk melakukan penyegaran dengan bersantai atau melakukan hobi agar saat kembali bekerja, pikiran dan tenaga bisa kembali segar.


2. Pemikir (investigator)
Mereka adalah orang yang selalu penasaran dengan apa yang terjadi di dunia. Mereka adalah orang yang senang menganalisis dan menggunakan berbagai metode untuk memecahkan masalah. Gunakan rasa keingintahuan dan daya analisis tersebut untuk mencari perusahaan dan posisi yang baik bagi masa depan Anda. Jika sudah menemukannya, tonjolkan kualitas diri dengan membuat surat lamaran yang tak biasa dan mampu menarik perhatian perusahaan tersebut.


3. Persuader (orang yang persuasif)
Mereka adalah orang-orang yang senang berbincang dan memengaruhi orang lain. Karena itulah, penampilan mereka tampak percaya diri dan memiliki kualitas sebagai seorang pemimpin.

Orang-orang seperti ini, menurut Canter, adalah orang yang pandai mencari celah dan mampu mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Mereka bisa menjual kelebihan mereka saat sedang melakukan networking atau wawancara kerja.


4. Koordinator
Mereka adalah orang yang peduli terhadap detail. Mereka senang mengorganisasi dan ingin semua hal berjalan dengan lancar.

Karena mereka adalah orang yang mampu mengumpulkan semua elemen hingga menjadi sebuah sistem yang berjalan efektif, elemen-elemen atau orang-orang yang bekerja di bawah panduannya ialah harta tak ternilai. Jalin kerja sama yang baik dengan orang-orang itu karena mereka adalah jalan bagi perkembangan karier atau bisnis bagi tipe koordinator.


5. Kreator (artistik)
Mereka adalah orang-orang dengan pemikiran yang orisinal, kreatif, dan mudah menyesuaikan diri. Mereka juga senang berpikir “out of the box”. Gunakan kelebihan beradaptasi saat mencari pekerjaan. Jangan ragu mencari pekerjaan di luar latar belakang pendidikan atau pekerjaan yang sama sekali baru karena pekerjaan baru tersebut bisa jadi akan membuat pikiran Anda semakin kreatif.


6. Penolong
Mereka adalah orang yang punya jiwa sosial tinggi, senang membantu orang lain, dan senang memberi saran bagi kebaikan orang lain. Cari tahu apa saja hal yang bisa dilakukan untuk membantu perusahaan tempat melamar kerja. Cantumkan beberapa ide yang bisa diberikan ke perusahaan tersebut dan cantumkan di surat lamaran. Jika dipanggil, presentasikan ide-ide tersebut di hadapan mereka.


7. Pembantu
Mereka punya tingkat kesabaran yang tinggi dan senang menolong orang lain demi kenyamanan dan kebutuhan orang tersebut. Kebaikan dan ketulusan tersebut akan menarik simpati banyak orang dan bisa menjadi pintu bagi kesuksesan seorang bertipe pembantu.