Thursday, December 2, 2010

TIP BERBURU CARA FACEBOOKER Aldiyan Alfarisi YANG HILANG PASWORD

1. Spam-Like. Melakukan update status yang terlalu sering.
2. Fake ID. Pemalsuan identitas,, entah itu berupa foto, halaman penggemar,, dll. Facebook tidak pernah mengistilahkan nickname,, dia hanya menggunakan istilah "full name" dan "friend". Saat membuat nickname,, selalu diberi peringatan tentang cara penulisan nama, kata dalam nama yang dilarang. Semuanya dijelaskan sejak awal. Kalau misalnya Anda menggunakan trik dari telepon selular yang "berhasil" misalnya membuat "NamaTerpajang DiDunia SiapaMauIkut" hati-hati menyertakan nickaname seperti ini sebagai Administrator group. Sudah banyak account dan group diblokir karena penggunaan nama yang tidak benar (menurut syntax facebook). Penggunaan foto orang lain,, juga bisa membuat Anda diblokir. Jadilah diri Anda sendiri,, agar tidak perlu fotokopi identitas orang lain.
3. Report by Others. Kalau Anda melakukan tindakan anarki,, tidak menghormati facebook sebagai social network,, Anda bisa dilaporkan orang lain dengan dua langkah mudah: di dekat link "komentar" atau "comment",, ada link "Laporkan" atau "Report". Orang lain hanya perlu menuliskan satu baris alasan dan memilih jenis pelanggarannya kepada facebook. Berganti-ganti nama tidak akan merubah identitas Anda di facebook. Cara facebook membaca identitas bukanlah berdasarkan nama Anda,, tetapi berdasarkan nomor id atau username yang Anda pakai.
Misalnya saya memakai name "Aldiyan Alfarisii". Ada banyak sekali Aldiyan Alfarisii. Tetapi setiap kali membuka account saya sendiri,, yang muncul di Address bar adalah "nomor id" saya,, atau "username" yang sudah saya daftarkan.

Name: Aldiyan Alfarisi
username: http://facebook.com/aldiyan.alfarisi.

Hanya bagi yang belum tahu:
Segeralah mengubah ID Anda menjadi username agar mudah diingat.
1. Buka account facebook Anda,, setelah itu ketikkan: http://facebook.com/username
2. Buat username. Boleh memakai angka.
Setelah berhasil akan ada pesan:

Your username has been set
You can now direct your friends to facebook.com/aldiyan.alfarisi.




4. Bad contents. Posting yang berisi "adult content", "black hacking", address internet yang masuk blacklist, dst. Pokoknya ngajari yang jahat-jahat kepada publik. Perlu dicatat: men-setting privacy itu penting. Jika tidak,, isi facebook Anda (misalnya album foto dan note) bisa di-crawl oleh Google. Kalau sudah masuk Google, semua orang akan membaca. Kalau mereka tidak suka,, mereka bisa melakukan laporan kepada Google tentang pelanggaran privacy di internet,, bahkan content Anda akan dianggap "merusak". Facebook digunakan orang di seluruh dunia,, bukan cuma Indonesia. Para pemakai facebook pemula sering menggunakan facebook layaknya twitter,, main update status yang terlalu sering dengan kata-kata yang "useless",, "narsis", dan "tidak mendidik". Orang Amerika gampang marah hanya karena melihat foto yang dianggapnya porno [walaupun bagi kita hal itu lucu]. Belum lagi kalau isunya adalah pertarungan ideologi dan agama. Facebook memberikan peringatan: "jangan menjelek-jelekkan seseorang ataupun pihak tertentu". Tanpa embel-embel "... walaupun Anda benar".
2. Terlalu banyak join ke group tapi gak aktif. Sebenarnya tidak masalah kalau Anda benar-benar melakukan interaksi dengan baik dan tidak pasang link iklan. Yang tidak boleh adalah: datang ke group,, copy paste link yang mau kamu iklankan,, lalu pergi begitu saja. Sungguh tidak bertanggung jawab. Yang bagus adalah,, ikut terlibat di group. Itu sebabnya saya selalu menawarkan sebuah topik dan memberikan tanggapan yang agak panjang. Asalkan orang lain ikut berkomentar-balik dan Anda menanggapinya,, mau join 200 group juga tidak masalah.
3. Kamu terlalu banyak mengirim message pada sebuah wall tanpa interval yang agak lama. Misalnya,, ngirim pesan ke wall/dinding orang lain,, sekali nulis langsung 5 pesan,, tanpa jeda.
4. tentang Berteman terlalu banyak. Batasannya 5000 teman per account. Kalau ingin berteman lebih dari 5000 orang,, caranya bisa diatasi dengan membuat account baru. Atau,, bebaskan wall Anda. Buat agar wall/dinding Anda boleh ditulisi oleh semua orang. Jadi,, siapapun boleh berkomentar atau menulis di wall Anda. Atau,, buatlah halaman penggemar (fan page) atau group sesuai hobi dan kepentingan Anda. Tidak perlu membuat account baru. Di halaman dan group saya tetap bisa berinteraksi dengan orang lain.
5. Poke atau colek ke terlalu banyak orang. Rasanya ini nggak penting. Paling efisien adalah menggunakan "message" atau "pesan". Ini amat sangat efisien.
6. Membuat pesan yang sama persis dan dikirim ke banyak orang,, masih boleh,, asalkan itu Anda lakukan lewat chat.
7. Mengoleksi informasi dari pengguna,, misalnya meminta email mereka,, alamat,, dan seterusnya melalui facebook masih boleh asalkan tidak dijalankan dengan script.
Saya sering mengintip group-group yang menggunakan kata-kata bombas seperti: "dapatkan 700 teman dengan 4 kali klik",, "ubah facebook dengan 3 langkah mudah" dan seterusnya. Rata-rata mereka hanyalah inviter (pengundang) yang ingin groupnya diramaikan.
Lihat saja "peraturan" mereka.
Antara lain begini:
- Klik join,, pilih "Invite friend",, pilih semua teman di daftar-teman Anda lalu ....
- Buka group ini,, kemudian ganti teks di Address dengan teks berikut: bla bla bla ...
Itu bohong semua! Kalau memang script itu ada yang manjur,, silakan copy paste di sini dan kita analisis bersama. Saran saya,, jangan mengikuti group yang dapat membahayakan account Anda.

Masih banyak "peraturan" lain yang bisa Anda tambahkan di sini. Facebook selalu melakukan perbaikan. Saya akan sampaikan cara mengembalikan account facebook yang di-disable.

Mengatasi Account Facebook yang Diblokir

Kasus 1 :
email untuk login facebook bisa diakses tetapi facebook tidak bisa dibuka.

Pesan yang ditampilkan begini:

Your account has been disabled by an administrator. If you have any questions,, you can visit our FAQ page here.



Solusi:
1) Buka email Anda,, misalnya email Anda adalah:aldiyanfacebook@yahoo.com
2) Klik "Compose" untuk membuat email baru,, seperti ini:

To: appeals@facebook.com,disabled@facebook.com,login@facebook.com
Subject: WHY MY ACCOUNT IS DISABLED BY FACEBOOK

my account was disabled AGAIN
email : salman@gmail.com
full name : Aldiyan Alfarisi
i manage over 800 people to share their knowledge in computer troubleshooting for FREE
i share funny pictures and photos with my friends for unbelievable moments but why facebook suddenly disabled my account?
plz, help me to reactivate my account again.
sincerely,,

Aldiyan Alfarisi

Catatan:
1. email dikirimkan ke: appeals@facebook.com,disabled@facebook.com,login@facebook.com
di situ ada tanda koma di antara alamat-alamat yang mau dikirimi email,, artinya email akan dikirimkan ke 3 alamat
2. subject email,, tuliskan dengan HURUF KAPITAL SEMUA
3. Isi surat harus menjelaskan hal-hal berikut ini:
- email Anda
- full name atau nama lengkap yang Anda pakai untuk facebook
- tuiskan dalam bahasa inggris. facebook akan mendeteksi kata-kata apa saja yang Anda tuliskan,, dan default yang dia pakai adalah bahasa Inggris.
- isi SUBJECT dan BODY EMAIL ,, jangan sama persis dengan email yang saya contohkan di atas. kalau sama,, nanti malah dikira SPAM.
- suratnya harus menjelaskan SECARA SINGKAT betapa pentingnya account itu bagi anda,, misalnya (dalam contoh di atas): saya jelaskan bahwa account facebook saya gunakan untuk berhubungan dengan 800 orang,, saya perlu mengirimkan foto keluarga,, dst.
- permintaan dengan sopan bahwa Anda ingin account itu diaktifkan kembali.
- tuliskan nama yang Anda pakai untuk account facebook
3) Kirimkan
4) Tunggu jawaban dari facebook. Biasanya nanti ada konfirmasi bahwa surat Anda sedang diperiksa. Account dapat dibuka kembali.
Account saya pernah di-disable oleh facebook. Setelah saya jalankan langkah-langkah di atas,, dalam tempo 2 jam kurang dikit,, account saya dikembalikan lagi.

Bagaimana caranya agar account saya terjaga dari pemblokiran?
1. Patuhi peraturan-peraturan yang dijelaskan oleh facebook,, telah saya uraikan di awal tulisan
2. Hanya menginstall aplikasi yang sudah "verified" dari facebook,, atau minimal yang bernaung di bawah facebook. Kalau Anda klik aplikasi yang alamatnya tidak berakhiran .facebook.com,, JANGAN PERNAH PERCAYA.
3. Jika Anda menggunakan browser,, setelah selesai memakai facebook jangan lupa untuk selalu "Log out" atau "Keluar".
4. Hapuslah cookie facebook Anda. Pekerjaan ini bisa diringankan dengan bantuan add-ons dari Firefox.
5. Jika Anda mengaktifkan "Remember Me" atau "ingat saya",, jangan lupa untuk mengaktifkan master password.
Tools > Options > Security (gambar gembok) > aktifkan "Use master password" > klik tombol master password. Masukkan password dan lakukan konfirmasi.
Fungsinya adalah: jika Anda mengaktifkan "ingat saya" saat memasukkan password email atau facebook maka hanya orang yang mengerti master password-nya saja yang bisa membuka bekas password email atau facebook Anda.
Kalau dalam keadaan terdesak Anda ingin membuka master password (tanpa perlu mengerti passwordnya,, misalnya di warnet),, Anda bisa membaca tutorial
6. Sadarilah bahwa mengamankan facebook saja tidak cukup. Amankan pula account email Anda. Banyak sekali software yang bisa dipakai untuk meng-extract data username dan password yang pernah Anda masukkan di komputer/laptop. Jadi,, jangan pernah pinjamkan laptop atau komputer kepada orang lain. Serangan orang dari dalam,, sering berasal dari aktivitas yang tidak disadari. Jangan pernah pula mengirimkan email yang isinya meminta Anda menuliskan PASSWORD EMAIL ATAU FACEBOOK ANDA.
7. Saya menggunakan account email Yahoo dan gmail. Karena saya selalu bekerja dengan laptop yang hanya saya operasikan sendiri,, maka saya mengaktifkan "Yahoo! Seal". Silakan baca manualnya. Untuk urusan ini,, saya terbilang paranoid. Selalu mengganti bikin password BIOS saat komputer dihidupka,, password login windows,, master password Mozilla,, password yang strong,, dan selalu clear cookies. Tentunya dengan antivirus dan firewall yang selalu di-update.

Kasus 2:
email tidak bisa diakses,, passwordnya dianggap keliru oleh facebook

Solusi:
Reset password email Anda. Caranya adalah meng-klik: "Forget password" atau "lupa password" kemudian ikuti petunjuk berikutnya. Yang harus Anda lakukan adalah mengisikan data-data yang pernah Anda isikan ketika membuat email. Setelah itu,, ada "security question" atau "pertanyaan keamanan" yang meminta Anda menjawab pertanyaan yang jawabannya hanya Anda yang tahu. Anda akan mendapatkan "password baru" di email alternatif yang pernah Anda sertakan ketika mendaftar email. Menurut sepengetahuan saya,, selama berinteraksi dengan kawan-kawan online di facebook,, kebanyakan kasus yang terjadi adalah tidak log-out dari email atau facebook. Solusinya sudah saya tuliskan di atas. Setelah bisa masuk email lagi,, cobalah masuk facebook lagi.

Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya di-hack orang lain. :)


Tutor ini saya copas dari bro Aldiyan Alfarisi

http://www.facebook.com/topic.php?uid=114201680451&topic=12323

0 comments: