SEPERTI apakah kepribadian Anda? Apakah kepribadian Anda cocok dan
nyaman dengan pekerjaan yang kini tengah Anda jalani? Kalau belum,
dalami kepribadian Anda agar bisa mendapatkan karier yang tepat.
Selain keterampilan yang dimiliki, kepribadian ternyata juga bisa dijadikan ukuran untuk memilih karier yang tepat.
Menurut
teori psikologi yang ada dan sudah diterima di kalangan luas, ada
tujuh tipe kepribadian manusia yang bisa dijadikan ukuran untuk
menentukan bagaimana sebaiknya orang tersebut mencari pekerjaan yang
tepat untuknya. Berikut tujuh tipe kepribadian tersebut beserta saran
para ahli untuk pekerjaan yang tepat untuknya.
1. Pekerja (realistis)
Tipe seperti ini adalah tipe orang yang puas jika berhasil
menyelesaikan pekerjaannya. Mereka suka kegiatan fisik dan bekerja
dengan tangannya.
Karena tipe pekerja adalah orang yang
termotivasi jika mendapatkan pujian, psikolog sosial Rachelle J Center,
penulis “Make the Right Career Move”, menyarankan agar orang dengan
tipe ini menetapkan target per hari atau per minggu. Misalnya dengan
membuat target menyelesaikan tiga pekerjaan per hari. Jangan lupa juga
untuk melakukan penyegaran dengan bersantai atau melakukan hobi agar
saat kembali bekerja, pikiran dan tenaga bisa kembali segar.
2. Pemikir (investigator)
Mereka adalah orang yang selalu penasaran dengan apa yang terjadi di
dunia. Mereka adalah orang yang senang menganalisis dan menggunakan
berbagai metode untuk memecahkan masalah. Gunakan rasa keingintahuan dan
daya analisis tersebut untuk mencari perusahaan dan posisi yang baik
bagi masa depan Anda. Jika sudah menemukannya, tonjolkan kualitas diri
dengan membuat surat lamaran yang tak biasa dan mampu menarik perhatian
perusahaan tersebut.
3. Persuader (orang yang persuasif)
Mereka adalah orang-orang yang senang berbincang dan memengaruhi orang
lain. Karena itulah, penampilan mereka tampak percaya diri dan memiliki
kualitas sebagai seorang pemimpin.
Orang-orang seperti ini,
menurut Canter, adalah orang yang pandai mencari celah dan mampu
mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Mereka bisa menjual kelebihan
mereka saat sedang melakukan networking atau wawancara kerja.
4. Koordinator
Mereka adalah orang yang peduli terhadap detail. Mereka senang mengorganisasi dan ingin semua hal berjalan dengan lancar.
Karena mereka adalah orang yang mampu mengumpulkan semua elemen hingga
menjadi sebuah sistem yang berjalan efektif, elemen-elemen atau
orang-orang yang bekerja di bawah panduannya ialah harta tak ternilai.
Jalin kerja sama yang baik dengan orang-orang itu karena mereka adalah
jalan bagi perkembangan karier atau bisnis bagi tipe koordinator.
5. Kreator (artistik)
Mereka adalah orang-orang dengan pemikiran yang orisinal, kreatif, dan
mudah menyesuaikan diri. Mereka juga senang berpikir “out of the box”.
Gunakan kelebihan beradaptasi saat mencari pekerjaan. Jangan ragu
mencari pekerjaan di luar latar belakang pendidikan atau pekerjaan yang
sama sekali baru karena pekerjaan baru tersebut bisa jadi akan membuat
pikiran Anda semakin kreatif.
6. Penolong
Mereka adalah orang yang punya jiwa sosial tinggi, senang membantu
orang lain, dan senang memberi saran bagi kebaikan orang lain. Cari
tahu apa saja hal yang bisa dilakukan untuk membantu perusahaan tempat
melamar kerja. Cantumkan beberapa ide yang bisa diberikan ke perusahaan
tersebut dan cantumkan di surat lamaran. Jika dipanggil, presentasikan
ide-ide tersebut di hadapan mereka.
7. Pembantu
Mereka punya tingkat kesabaran yang tinggi dan senang menolong orang
lain demi kenyamanan dan kebutuhan orang tersebut. Kebaikan dan
ketulusan tersebut akan menarik simpati banyak orang dan bisa menjadi
pintu bagi kesuksesan seorang bertipe pembantu.
skip to main |
skip to sidebar
0 comments:
Post a Comment