Thursday, September 2, 2010

TIP BERBURU CARA BERPROMOSI UNTUK MEMPEROLEH KEUNTUNGAN





Jenis Promosi.
Jenis promosi dibagi beberapa kelompok:
• Point of purchase; Window, floor dan counter display yang dapat mengingatkan konsumen terhadap suatu produk. dan merangsang pembelian produk impulse (kadang semua material tersebut disuplai pabrikan).
• Contests; Konsumen membeli produk dengan mengikuti permainan seperti; puzzle, lotre sepak bola, kupon bioskop 21.
• Sweepstakes; Hampir sama dengan contest, tetapi konsumen memerlukan pengisian formulir untuk memenangkannya dan pemenang akan diundi (tidak memerlukan keahlian)
• Coupons; Retailers melakukan advertising diskon khusus bagi konsumen untuk mengembalikan kumpulan potongan kupon dan ditukarkan kepada retailer.
• Frequent–shopper program; Konsumen mendapatkan collecting stamp sebagai poin berdasarkan nilai pembelian tertentu. Poin tersebut dikumpulkan dan ditukarkan dengan barang atau jasa.
• Prizes; Hampir sama dengan frequent program, tetapi jenis prizes ini memberikan langsung hadiah untuk pembelian nilai tertentu.
• Samples; Free produk yang diberikan kepada konsumen secara cuma-cuma
• Demonstration; Demo suatu kegunaan atau kelebihan suatu produk.
• Referral gifts; Hadiah yang diberikan apabila konsumen membawa konsumen baru.
• Special events; Pameran pada suatu peluncuran produk (fashion show, peluncuran buku dsb).
• Retailer present; Retailer mengeluarkan matchbooks, pulpen,kalendar perusahaan yang diberikan kepada konsumen (bisa di jual maupun diberikan secara Cuma-Cuma)..


Matrix Promosi
1. Pembelian produk A harga murah
2. Beli produk A gratis gimmick
3. Beli produk A gratis produk B
4. Beli produk A dapat produk B harga lebih murah
5. Beli produk A+B gratis C
Bagaimana Proses Promosi Dilakukan?
Secara umum bagan promosi dapat direncanakan melalui tahapan berikut:
1. Menentukan tujuan promosi
2. Menentukan promosi mix
3. Menentukan total biaya promosi
4. Implementasi promosi mix
5. Review dan perbaikan dari rencana promosi
Kegiatan promosi dapat berjalan sempurna, bila perencanaan yang dibuat melalui proses yang baik dan benar. Adapun proses detail dari perencanaan promosi yang harus dilakukan sebagai berikut;
- Menentukan waktu dan periode promosi
-Membuat tema promosi akan membantu memudahkan dalam menentukan produk yang akan dipromosikan
- Menentukan pilihan produk yang akan dipromosikan
– Membuat mekanisme dari produk yang sudah ditentukan
– Menghubungi vendor untuk berpartisipasi dalam dukungan kegiatan
– Melakukan negosiasi berdasarkan mekanisme promosi yang akan dilakukan
– Menentukan material promosi yang akan digunakan
– Membuat perhitungan secara biaya dan estimasi penjualan
– Review hasil kegiatan promosi diakhir periode


Mengukur Keberhasilannya?
• Umumnya promosi dinilai berhasil jika penjualan selama periode promosi meningkat. Tetapi seringkali dilupakan, apakah peningkatan penjualan tersebut mampu menutupi biaya-biaya tambahan yang timbul akibat promosi yang dilakukan? Secara umum efektifitas promosi dapat diukur melalui;
– Perubahan persentase kontribusi penjualan (Sales mix)
– Perubahan rasioquantity item terjual
– Perubahan Gross profit baik secara rupiah maupun persentase
– Jika ada perubahan positif atas ketiga parameter tersebut maka promosi tersebut sukses .


Apa dan Bagaimana Material Promosi Dipasang?
• Peritel, tidak memandang besar atau kecil, haruslah mengiklankan harga-harga mereka. Walaupun peritel besar memiliki kemampuan yang besar untuk mengiklankan harga di media seperti TV, Radio dan koran-koran, juga tersedia banyak pilihan untuk peritel kecil seperti misalnya:
– Peritel dapat secara konsisten menggunakan satu bagian dari jendela depan (sehingga konsumen dapat segera terbiasa dengan informasi ini)
– Peritel juga dapat menggunakan display khusus di dalam store; biasanya pabrikan/supplier bersedia membantu
– Menggunakan media mingguan lokal, dengan pembaca yang lebih targetted dan biayanya jauh lebih rendah.
– Kombinasi dari media iklan tersebut diatas dapat dilakukan dan haruslah bertalian dengan image yang ingin dibangun oleh peritel. Targetted dan biayanya jauh lebih rendah.. ***

0 comments: